Desember 5, 2019 By Admin Off

Penuhi 7 Syarat Ini agar Pengajuan KPR Bisa Diterima Bank

Sistem KPR merupakan solusi terbaik bagi orang yang tak bisa membeli rumah secara lunas. Pembelian rumah dengan sistem kredit ini, memungkinkan Anda untuk wujudkan rumah imajinasimu. Agar KPR diterima pengajuannya oleh bank, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Ketidakmampuan dalam memenuhi syarat, berakibat dengan ditolaknya pengajuan KPR.

Pengajuan KPR

  1. Menyediakan Dokumen Penting yang Dibutuhkan

Ketersediaan dokumen penting sebagai persyaratan mengajukan KPR adalah mutlak adanya. Oleh karena itu, sebaiknya sediakan jauh-jauh hari dokumen ini, agar nantinya Anda bisa langsung menyertakannya saat pengajuan KPR dilakukan. Dokumen yang umumnya diminta untuk mengajukan KPR bisa digolongkan menjadi dokumen pribadi, penghasilan, dan jaminan properti.

Dokumen pribadi yang umumnya harus disiapkan seperti KTP, KK, NPWP, dan PBB. Sedangkan, untuk dokumen penghasilan biasanya akan diminta slip gaji, SK pegawai, serta rekening koran dalam 3 bulan terakhir. Terakhir, dokumen jaminan properti yang diminta umumnya adalah IMB, PBB, atau dokumen lain terkait legalitas rumah yang akan dibeli.

  1. Persyaratan Usia dalam Mengajukan KPR

Bank biasanya menetapkan batas usia bagi orang yang mengajukan KPR. Agar pengajuan KPR bisa diterima, tentu Anda harus memenuhi persyaratan usia tersebut. Umumnya, bank menetapkan batasan usia untuk mengajukan KPR mulai dari umur 21 hingga 55 tahun. Perlu diingat bahwa, batas usia terakhir dihitung ketika cicilan KPR yang diajukan selesai.

Misalnya, Anda saat ini berusia 40 tahun dan akan mengajukan KPR dengan cicilan selama 15 tahun. Jika ditotalkan berarti saat cicilan berakhir Anda masih berusia 55 tahun dan masih dianggap memenuhi persyaratan. Namun, jika Anda saat ini berusia 45 tahun dan akan mengajukan cicilan selama 15 tahun, pengajuan KPR tersebut kemungkinan besar akan ditolak.

  1. Riwayat Kredit yang Bersih dan Lancar

Pihak bank umumnya akan menolak pengajuan KPR dari orang dengan riwayat kredit yang amburadul. Amburadul maksudnya adalah adanya tunggakan kredit di bank yang belum juga diselesaikan. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang sama saat orang tersebut membayar cicilan KPR-nya. Pastikan kredit Anda di bank berjalan lancar, agar pengajuan KPR  diterima.

  1. Jumlah Penghasilan yang Sesuai dengan Kredit yang Diajukan

Jumlah penghasilan Anda juga sangat menentukan lolos atau tidaknya pengajuan KPR yang Anda lakukan. Pihak bank tentu akan menyesuaikan jumlah penghasilan Anda dengan cicilan KPR yang Anda pilih. Ini dilakukan untuk menghindari ketidaksanggupan Anda dalam membayar cicilan di kemudian hari. Jika besarannya sesuai, umumnya pengajuan KPR akan diterima.

Baiknya, Anda mengambil cicilan KPR yang jumlahnya kurang dari 30 persen jumlah penghasilan per bulan. Jika lebih dari itu, dikhawatirkan Anda akan kesulitan untuk membayarnya dengan rutin setiap bulan. Pengajuan KPR dengan besaran cicilan sebanyak ini umumnya lebih mudah untuk disetujui oleh pihak bank, karena risiko penunggakannya lebih kecil.

  1. Memiliki Penghasilan Tetap

Penghasilan yang tetap merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan bank dalam menerima pengajuan KPR atau tidak. Penghasilan tetap ini bisa dibuktikan lewat slip gaji atau pun rekening tabungan yang Anda lampirkan pada pihak bank. Pihak bank umumnya akan melihat apakah jumlah uang di tabungan mengalami peningkatan minimal dalam 3 bulan terakhir.

  1. Laporan Keuangan bagi Pengusaha

Jika Anda kebetulan merupakan pengusaha yang akan mengajukan KPR, maka siapkan laporan keuangan perusahaan Anda dari jauh-jauh hari. Mengapa harus disiapkan sebelum waktu pengajuan KPR? Alasannya karena laporan keuangan yang diminta umumnya untuk jangka waktu yang lumayan lama, setidaknya 2 tahun.

  1. Telah Menyediakan Uang Muka untuk Membeli Rumah

Syarat penting terakhir yang harus dipenuhi agar rumah KPR bisa didapatkan adalah uang muka atau DP yang telah ditentukan sebelumnya. Anda sangat disarankan untuk menyediakan uang muka jauh-jauh hari, agar nantinya saat pengajuan KPR disetujui, rumah impian bisa lebih cepat ditempati.

Kesempatan memiliki rumah makin terbuka lebar dengan adanya kredit rumah mudah, seperti yang ditawarkan oleh BTN Properti. Agar pengajuan KPR Anda bisa diterima, persiapkan segala persyaratan di atas dari jauh-jauh hari. Milikilah hunian dengan desain rumah yg bikin relax, melalui sistem KPR.