4 Penjelasan Singkat Peninggalan Kerajaan Kediri

September 14, 2019

Peninggalan Kerajaan Kediri – Peninggalan sejarah pastinya menjadi salah satu hal terpenting yang menjadi bukti akan kebenaran sejarah. Begitu pun dengan berbagai macam peninggalan yang menjadi sumber sejarah dari peninggalan kerajaan Kediri Ini.

Peninggalan Kerajaan Kediri memang cukup banyak yang sudah ditemukan. Penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa saja peninggalan dari kerajaan tersebut.

Kerajaan Kediri ini konon berdiri pada tahun 1042 hingga 1222 yang berada di kota Daha yang saat ini sudah menjadi kota Kediri. Peninggalan Kerajaan Kediri pun ternyata cukup banyak karena daerah dari kekuasaannya memang terbilang lumayan luas. Adapun untuk beberapa peninggalan Kerajaan Kediri yang perlu anda ketahui yakni berikut ini:

1. Candi Penataran

Candi yang satu ini tenyata mempunyai nama asli Candi Palah. Lokasi dari candi Penataran ini memang mudah untuk kita temukan tepatnya berada di Desa penatasaran, Nglegol, Blitar. Candi yang terkenalmegah dan juga luas di daerah Jawa Timur ini berada di bagian lereng barat daya dari Gunung Kelud. Menurut sejarah yang ada, candi tersebut memang dibangun saat masa pemerintahan Raja Srengga sekitar 1200 Masehi.

2. Candi Gurah

Candi yang satu ini juga menjadi salah satu bukti peninggalan Kerajaan Kediri yang sudah ditemukan tahun 1957. Lokasi dari candi tersebut kurang lebih 2 km saja dari candi Tondowongso. Tepatnya lagi berada di Kec. Gurah, Kab. Kediri, Jawa Timur. Jika kita melhat candinya ternyata untuk ukuran pondasi saja mempunyai luas sekitar 81 meter persegi. Dari sini kita pun mengerti jika candi tersebut menjadi bukti adanya Kerajaan Kediri di zaman dulu.

3. Candi Mirigambar

Ada lagi candi peninggalan Kerajaan Kediri yang berada di Desa Mirigambar, Kec. Sumbergempol. Menurut perkiraan yang ada, ternyata candi Mirigambar ini sudah dibangun mulai dari tahun 1214 sampai dengan 1340. Bahkan menariknya material yang dipergunakan untuk membangun candi tersebut adalah bata merah. Candi tersebut mempunyai dinding yang sudah berukirkan relief patung. Pada bagian kanan depan terdapat sebuah ukiran relief dari seorang lelaki dengan tubuh yang besar bahkan ada pula lelaki bertubuh kecil.

4. Prasasti Galunggung

Tentu saja bukan hanya candi saja hasil peninggalan Kerajaan Kediri ini. Namun ada pula prasasti yang mana telah ditemukan tepatnya daerah Rejotangan, Tulungagung. Prasasti tersebut mempunyai ukuran kurang lebih 160x80x75m bahkan juga terdapat sekitar 20 baris kalimat yang telah memakai huruf jawa kuno.

Tulisan yang berada pada prasasti ini sayangnya belum bisa untuk dibaca apalagi diterjemahkan karena ada sebagian dari tulisannya sudah rusak. Dimana tulisan yang ada pada prasasti ini sejak tahun 1123 saka.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai peninggalan sejarah dari Kerajaan Kediri. Sebetulnya masih lumayan banyak juga bentuk peninggalan lainnya yang sudah ada. Di atas hanya sebagian saja semoga bisa menambah ilmu pengetahuan anda, selengkapnya https://kalimat.id.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+