5 Cara Sehat Mengecilkan Paha Betis

Juni 23, 2019

Punya bentuk tubuh yang ideal bukan hanya baik untuk penampilan loh, tetapi juga untuk kesehatan. Masalahnya, kalau kamu sudah mulai kelebihan berat badan sampai susah cari pakaian yang pas, pasti rasanya enggak nyaman juga deh. Nah, bagian paha juga cukup krusial untuk dijaga agar lebih mudah cari celana yang pas ukurannya.

Beberapa orang mungkin memang punya paha yang besar karena faktor genetik atau keturunan. Meskipun agak sulit untuk mengubahnya, tapi kamu bisa tetap mencoba meminimalisasi bentuk paha yang semakin bergelambir dengan cara alami berikut ini.

 

  1. Jogging

Olahraga satu ini merupakan salah satu aktivitas yang mudah dan murah, tapi banyak sekali manfaatnya. Ya, dengan melakukan jogging, bagian paha, betis, dan bokong akan bergerak sehingga tidak menumpuk lemak yang bikin bagian tubuh jadi kurang kece. Cukup buat kakimu bergerak stabil secara teratur. Selain itu, manfaat jogging juga bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Lompat tali

Kalau mau lebih praktis dengan olahraga di dalam rumah, kamu bisa pilih lompat tali. Awalnya, olahraga ini pasti akan terasa berat. Enggak usah kaget kalau kakimu terasa berat karena kamu memang belum terbiasa. Setelahnya juga paha dan betis akan terasa seperti terbakar, tapi jika sudah rutin dilakukan pagi atau sore hari, enggak akan terasa berat kok. Setiap harinya, kamu cukup melakukan rutinitas lompat tali selama 10 menit, kalau kurang-kurang sedikit di awal latihan, enggak apa-apa, asal dibiasakan terus saja ya.

  1. Leg circles

Nah, untuk alternatif olahraga di rumah, kamu juga bisa lakukan leg circles dengan bermodalkan matras yoga. Jadi, kamu bisa langsung menggelar matras di kamar, lalu berbaringlah dan ambil posisi menyamping. Letakkan tangan secara lurus disamping badanmu. Setelah itu, angkat satu kaki dan letakkan kaki satunya dengan posisi ditekuk sambil menahan otot perut. Nah, gerakan selanjutnya hanya perlu mengangkat kaki dan lakukan gerakan memutar searah jarum jam. Cukup lakukan 10-15 kali putaran selama 5 menit untuk masing-masing kaki.

  1. Jump Squat

Cara ini merupakan alternatif paling efektif dan familier untuk mengencangkan paha dan bokong. Gerakan jump squat memang sangat mudah untuk dilakukan setiap hari. Hanya dengan 15 lompatan sebanyak 3 sesi yang bisa dilakukan secara rutin. Untuk melakukannya dengan benar, buka kaki selebar pinggul, angkat tangan dan letakkan di belakang kepala. Setelah itu, tekuklah lututmu hingga paha sejajar dengan lantai. Mulai lakukan lompatan secara berulang deh.

  1. Naik turun tangga

Kalau di rumahmu ada tangga, bisa dimanfaatkan juga nih buat olahraga mengecilkan paha. Kamu hanya perlu melakukan aktivitas ini secara rutin sekitar 10 menit setiap harinya. Tidak perlu teknik khusus dan persiapan yang merepotkan, asalkan ada niat, bisa langsung latihan dengan konsisten. Jika sudah mulai terbiasa, kamu bisa mulai menambah durasi naik turun tangga lebih lama, tapi mulai tambahnya sedikit-sedikit saja ya, biar tubuhmu enggak kaget dan malah kelelahan.

Nah, buat kamu yang punya paha bergelambir, cobalah untuk membiasakan beberapa rutinitas tadi agar tubuhmu lebih ideal. Jadi, penampilanmu lebih kece dengan kondisi kesehatan yang juga lebih fit.

Bagikan MUHRID di Facebook Bagikan MUHRID di Google+